Kebijakan Editorial

Fokus dan Ruang Lingkup

EKSIS: Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis diterbitkan oleh LP2KI STIE PGRI Dewantara memiliki kajian ruang lingkup pada rumpun ilmu ekonomi dan binis dengan ruang lingkup riset ilmiah pada topik di bidang:

1. Ekonomi.

2. Akuntansi / Audit.

3. Manajemen.

4. Keuangan.

5. Pasar modal.

6. Perpajakan.

 

Kebijakan Bagian

Artikel

Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review
 

Proses Peer Review

Penyunting memilih mitra bestari/penelaah yang siap bekerja, memiliki integritas, komitmen, mematuhi segala peraturan dan ahli dalam bidang yang sesuai dengan naskah dan menghindari konflik kepentingan. Artikel yang dinyatakan lolos dari penilaian awal akan dikirim kepada 2 (dua) orang Mitra Bebestari untuk ditelaah kelayakan terbit melalui proses peer review. Reviewer tidak akan mengetahui nama penulis atau sebaliknya. Hasil peer review akan menyatakan:

  1. Artikel dapat dipublikasi tanpa revisi.
  2. Artikel dapat dipublikasi dengan perbaikan format dan bahasa yang dilakukan oleh penyunting. Perbaikan cukup dilakukan pada proses penyuntingan.
  3. Artikel dapat dipublikasi, tetapi penulis harus memperbaiki terlebih dahulu sesuai dengan saran  penyunting.
  4. Artikel tidak dapat dipublikasi.

 

Frekuensi Penerbitan

Eksis: Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis terbit secara berkala dua kali dalam satu tahun, pada bulan april dan oktober.

 

 

Kebijakan Akses Terbuka

Eksis: Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis menyediakan akses terbuka  pada publik yang pada prinsipnya membuat hasil riset tersedia secara gratis untuk publik dan akan mensupport pertukaran pengetahuan secara global.

 

Pengarsipan

OJS sistem LOCKSS berfungsi sebagai sistem pengarsipan terdistribusi antar-perpustakaan yang menggunakan sistem ini dengan tujuan membuat arsip permanen (untuk preservasi dan restorasi). Lanjut...

 

Frekuensi Penerbitan

Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis EKSIS terbit 2 (dua) kali dalam satu tahun (setiap bulan April dan Oktober) dengan 8 (delapan) artikel dalam satu terbitan berisi tentang kajian ruanglingkup pada bidang rumpun ilmu ekonomi dan binis lingkup jurnal bahasan akuntansi, manajemen, pasar modal, hukum bisnis, perpajakan, sistem informasi, serta bidang ekonomi dan keuangan lainnya.

 

Biaya pengolahan artikel & Biaya pengiriman artikel

Biaya pengolahan artikel untuk jurnal ini adalah gratis.

TIDAK ADA BIAYA UNTUK :

Biaya Pengolahan Artikel (APC) Rp. 0

Biaya Pengiriman Artikel Rp. 0

Biaya Review Artikel Rp. 0

Biaya lain-lain Rp. 0

 

Kebijakan Plagiarisme

Kebijakan Plagiarisme pada Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis EKSIS.

Yang Dimaksud Plagiarsme :

Menurut Peraturan Menteri Pendidikan RI Nomor 17 Tahun 2010 dikatakan:

“Plagiat adalah perbuatan sengaja atau tidak sengaja dalam memperoleh atau mencoba memperoleh kredit atau nilai untuk suatu karya ilmiah, dengan mengutip sebagian atau seluruh karya dan atau karya ilmiah pihak lain yang diakui sebagai karya ilmiahnya, tanpa menyatakan sumber secara tepat dan memadai”

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (2008) disebutkan:

“Plagiat adalah pengambilan karangan (pendapat dan sebagainya) orang lain dan menjadikannya seolah-olah karangan (pendapat) sendiri”.

Berdasarkan beberapa definisi plagiarisme di atas, berikut ini diuraikan ruang lingkup plagiarisme:

  1. Mengutip kata-kata atau kalimat orang lain tanpa menggunakan tanda kutip dan tanpa menyebutkan identitas sumbernya.
  2. Menggunakan gagasan, pandangan atau teori orang lain tanpa menyebutkan identitas sumbernya.
  3. Menggunakan fakta (data, informasi) milik orang lain tanpa menyebutkan identitas sumbernya.
  4. Mengakui tulisan orang lain sebagai tulisan sendiri.
  5. Melakukan parafrase (mengubah kalimat orang lain ke dalam susunan kalimat sendiri tanpa mengubah idenya) tanpa menyebutkan identitas sumbernya.
  6. Menyerahkan suatu karya ilmiah yang dihasilkan dan /atau telah dipublikasikan oleh pihak lain seolah-olah sebagai karya sendiri.


Pencegahan

Untuk mencegah terjadinya plagiarisme dan mempertanggunjawabkan hasil artikel yang telah disusun maka setiap penyerahan artikel kepada dewan redaksi jurnal EKSIS di wajibkan menyertakan pernyataan yang ditandatangani oleh penulis yang memuat bahwa :

  1. Artikel tersebut murni hasil karyacipta sendiri (Original)/ tidak/bukan plagiatisme.
  2. Belum pernah diterbitkan / tidak sedang dalam proses penerbitan dalam jurnal lain.
  3. Segala yang berkaitan dengan daftar pustaka, kutipan, dan isi adalah murni menjadi tanggungjawab penulis seutuhnya.

Sanksi Plagiarisme
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 mengatur sanksi bagi orang yang melakukan plagiat, khususnya yang terjadi dilingkungan akademik. Sanksi tersebut adalah sebagaiyang dimaksut dalam Pasal 70 dan Peraturan Menteri Nomor 17 Tahun 2010 telah mengatur sanksi bagi yang melakukan tindakan plagiat.

Setiap artikel yang akan diterbitkan di Eksis: Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis akan melewati cek Plagiarisme X CHECKER dengan ambang toleransi tidak lebih dari 25%

 

Pengarsipan Jurnal

OJS sistem LOCKSS berfungsi sebagai sistem pengarsipan terdistribusi antar-perpustakaan yang menggunakan sistem ini dengan tujuan membuat arsip permanen (untuk preservasi dan restorasi). Lanjut...



Diindeks oleh:

         

 

 

Flag Counter

 

View My Stats